Hubungi kami +62 271 717417 ext.172

Berita

LPPI gelar koordinasi pengelolaan jurnal UMS

By: yul141 | Posted on: Jan. 30, 2017, 11:22 a.m.

LPPI UMS pada hari Rabu, 25 Januari 2017 mengadakan koordinasi dengan Pengelola Jurnal UMS yang bertempat di Ruang Seminar LPPM lantai 5 Gedung Induk Siti Walidah UMS. Koordinasi Pengelolaan Jurnal ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan tiap triwulan sekali pada masa Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester. Pada kesempatan tersebut Mohammad Da’i selaku Wakil Rektor I UMS yang berkesempatan hadir menyatakan bahwa universitas mendukung penuh pengelolaan jurnal di lingkungan internal UMS. Beliau juga mengharapkan bahwa nantinya, ada jurnal UMS yang bereputasi internasional dengan terindeks Scopus.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua LPPI Gunawan Ariyanto memaparkan perkembangan pengelolaan jurnal di UMS. Beliau menyebut, bahwa salah satu kemajuan signifikan adalah berhasilnya 15 jurnal UMS untuk terindeks di DOAJ (Directory of Open Access Journals). Beliau berharap bahwa langkah ini akan diikuti jurnal-jurnal lainnya, sehingga ke depannya semua jurnal UMS dapat terindeks disalah satu institusi indeksasi terbitan ilmiah tersebut. Selain itu, kini jurnal UMS sudah terindeks pula pada CrossRef, yang ditandai dengan hadirnya DOI (Digital Object Identifier) pada artikel-artikel jurnal UMS.

Sekretaris Bidang Pengembangan Jurnal dan Publikasi Ilmiah Didit Purnomo menambahkan, bahwa pada tahun ini pengelolaan jurnal di UMS dapat menggunakan sistem pengelolaan karya ilmiah daring Open Journal Systems dengan baik dan benar sesuai persyaratan DIKTI untuk standar pengelolaan jurnal nasional. Dengan begitu, maka jalan jurnal UMS untuk mendapatkan titel terakreditasi dan terindeks nasional akan menjadi lebih mudah.