Hubungi kami +62 271 717417 ext.1172

Buku Ajar

Program Buku Ajar UMS 2016

Program buku ajar ini diselenggarakan dan didanai oleh UMS melalui Lembaga Pengembangan Publikasi Ilmiah (LPPI).

Flow chart buku ajar

Lampiran

Latar belakang

  • Sesuai dengan Visi dan Misi UMS untuk mengembangkan IPTEK yang Islami dan membawa arah perubahan, UMS melihat pentingnya buku ajar sebagai rujukan pembelajaran bagi mahasiswa dan masyarakat umum.
  • Penerapan kurikulum 2015: setiap program studi harus memiliki mata kuliah kompetensi (unggulan) yang dilengkapi dengan buku ajar berkualitas.
  • Publikasi dosen UMS di bidang penelitian dan pengabdian masyarakat hendaknya dapat dimanfaatkan sebagai bahan pengajaran.
  • Buku yang disusun akan digunakan untuk perkuliahan, dan dibagikan kepada mahasiswa melaui program pemberian buku pegangan wajib perkuliahan.

Kriteria buku ajar

  • Berkaitan dengan materi pembelajaran dan penelitian dosen serta dapat digunakan oleh mahasiswa, dosen, dan/atau peneliti.
  • Buku ditulis berdasarkan silabus dan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) mata kuliah.
  • Buku yang disusun digunakan sebagai acuan wajib mata kuliah di suatu program studi.

Tujuan penerbitan buku ajar

  • Mengembangkan kreativitas dan meningkatkan kualitas serta produktivitas keilmuan dosen UMS.
  • Meningkatkan kualitas proses belajar mengajar di UMS.
  • Mendorong para dosen UMS untuk terus melakukan penelitian dan menulis buku ajar.
  • Memperkaya wawasan ilmiah dalam kegiatan perkuliahan dan penelitian seorang dosen.
  • Memenuhi kebutuhan sumber belajar bagi mahasiswa.

Wewenang LPPI UMS

  • Menentukan persyaratan dan mekanisme pengajuan buku ajar. Menunjuk dan/atau menugaskan tim reviewer untuk memberikan masukan-masukan konstruktif terhadap buku ajar yang diusulkan.
  • Memutuskan untuk menerima atau menolak usulan buku ajar yang diajukan berdasarkan hasil evaluasi tim reviewer.
  • Menerbitkan buku ajar yang telah diterima usulannya melalui Muhammadiyah University Press (MUP).

Persyaratan pengajuan buku ajar

  • Ditulis oleh dosen UMS (tetap, capeg dan DTP) baik individual maupun kelompok yang diusulkan oleh program studi melalui ketua prodi.
  • Sesuai dengan mata kuliah yang pernah/sedang diampu.
  • Bebas dari plagiarisme dengan dilampiri surat pernyataan bebas pragiarisme dari penulis.
  • Tiap dosen (baik secara perorangan maupun kelompok) hanya dapat mengajukan satu buku ajar per tahun.

Hak dan kewajiban penulis buku ajar

  • Setiap dosen UMS berhak diajukan oleh program studi menjadi penulis buku ajar.
  • Penulis wajib mengikuti tata aturan penulisan buku ajar yang telah ditetapkan oleh LPPI.
  • Penulis harus bersedia merevisi usulan naskah buku ajar berdasarkan masukan-masukan dari tim reviewer.
  • Penulis berhak mendapatkan dana sebesar Rp 15.000.000 untuk setiap buku yang diterbitkan dan berhak mendapatkan royalti sebesar 15% dari harga jual buku untuk setiap buku yang laku terjual.

Mekanisme pengusulan dan pelaksanaan hibah buku ajar

Pelaksanaan hibah mengikuti flowchart di atas.
  • Prodi menentukan lima mata kuliah pendukung kompetensi utama, dan menunjuk dosen/tim dosen penulis buku ajar untuk mata kuliah tersebut. Dosen atau tim dosen yang ditunjuk harus merupakan pengajar mata kuliah yang bersangkutan.
  • Penulis/ketua tim penulis menyerahkan formulir pengajuan hibah ke LPPI.
  • Dosen atau tim dosen menulis buku ajar sesuai aturan konten yang ditentukan, kemudian naskah buku yang telah jadi dikirimkan ke LPPI.
  • LPPI menunjuk reviewer untuk proses monev.
  • Reviewer membuat rekomendasi dan saran-saran untuk perbaikan buku.
  • Penulis membuat perbaikan buku untuk diserahkan kembali LPPI.
  • Reviewer memeriksa kembali naskah yang telah diperbaiki untuk memastikan perbaikan sudah dilakukan dan membuat rekomendasi berdasarkan hasil review.
  • Berdasarkan rekomendasi reviewer, ketua LPPI membuat surat keputusan penerbitan buku ajar yang bersangkutan.

Mekanisme penerbitan buku ajar

  • LPPI menerima naskah buku ajar yang telah disetujui oleh reviewer.
  • Tim editor melakukan editing bahasa dan kelengkapan buku.
  • Tim Setting dan lay out merancang tampilan buku.
  • LPPI mendapatkan ISBN untuk buku yang bersangkutan.
  • Buku masuk ke percetakan (dikelola oleh Muhammadiyah University Press).
  • Penerbitan dan pemasaran buku.
  • Pemberian honor dan royalti untuk penulis.

Aturan Konten Buku Ajar

  • Naskah merupakan karya sendiri/tim, bukan hasil terjemahan atau saduran, dan bukan laporan penelitian yang akan diterbitkan menjadi buku, dan dengan sendirinya harus bebas dari plagiarisme.
  • Naskah buku yang diajukan harus mempunyai unsur: (1) Prakata, (2) Daftar Isi, (3) batang tubuh yang terbagi dalam bab atau bagian beserta tujuan instruksionalnya, (4) daftar pustaka, (5) glosarium, dan (6) indeks.
  • Naskah buku diketik menggunakan huruf Times New Roman (font 12 pt) pada kertas ukuran A4 dengan jarak 1,5 spasi.
  • Jumlah halaman naskah buku (batang tubuh) tidak kurang dari 200 halaman (tidak termasuk prakata, daftar isi, dan lampiran).
  • Apabila naskah merupakan revisi buku yang sudah terbit, maka wajib memiliki kebaruan konten dan bab minimum sebesar 66% dari isi buku.

Proses Monev dan Reviewer

  • Reviewer wajib meneliti dan memberi masukan untuk perbaikan naskah buku ajar yang direview sesuai dengan format review yang disiapkan oleh LPPI.
  • Monev 1 dilaksanan oleh LPPI dan KaProdi berupa desk review.
  • Monev 2 berupa proses review isi buku. Reviewer diusulan oleh penulis dan ditunjuk/tetapkan oleh LPPI. Penulis mengusulkan 1 reviewer internal dan 1 reviewer eksternal.

Jadwal Pelaksanaan Hibah Tahun 2016/2017

Jadwal pelaksanaan hibah buku ajar tahun anggaran 2016/2017 adalah sebagai berikut:
  1. Pembuatan Panduan Hibah: 1-10 Agustus 2016
  2. Koordinasi dengan Prodi, Dekan dan Pimpinan Universitas: 21 Agustus 2016
  3. Pengusulan nama matakuliah, judul buku, dan penulis oleh KaProdi/WD1 secara online melalui Form Usulan: 28 Agustus s.d 8 September 2016
  4. Penyerahan formulir pengajuan hibah dari penulis ke LPPI: 28 Agustus s.d 8 September 2016
  5. Penandatanganan Kontrak (Pencairan 10%): 15 September 2016
  6. Monev Ke-1 (Pencairan 30%): 1 Desember 2016
  7. Monev Ke-2 (Pencairan 30%): 1 Maret 2017
  8. Editing & Perbaikan Final: 1 s.d 30 Maret 2017
  9. Naskah Final: 1 April 2017
  10. Copy Editing, Layouting, Setting dan Cetak (Pencairan 30%): 1 April s.d 30 Juli 2017