Hubungi kami +62 271 717417 ext.172

Event

JUL 11

Workshop Pengelolaan Jurnal Elektronik Dengan Menggunakan Open Journal System

08.00-21.00Hotel Sunan

Surakarta, 11-13 Juli 2016

Diselenggarakan oleh:
Jurnal Indigenous, Jurnal Gaster, dan Jurnal Profesi
bekerja sama dengan LPPI UMS





Latar belakang
Berdasarkan Peraturan Direktur Jenderal Kemenristek Dikti Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pedoman Akreditasi Terbitan Berkala Ilmiah, salah satu persyaratan akreditasi jurnal ilmiah adalah adanya versi online untuk jurnal yang bersangkutan. Versi online ini memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan versi cetak salah satunya adalah luasnya akses junal tidak hanya pembaca tapi calon penulis dan mitra bestari. Selain itu, distribusi yang lebih luas dan mampu menghemat biaya produksi karena tidak menggunakan kertas yang berbiaya sangat mahal.

Melalui sistem jurnal online, pengelola akan lebih mudah mengendalikan jurnal yang dikelola. Hal ini akan mendukung keterlibatan pihak pengelola dengan pengelola jurnal lainnya untuk dapat saling berkomunikasi dan bertukar informasi khususnya mengenai pengembangan jurnal yang dikelola masing–masing.

Akan tetapi, salah satu yang menjadi kendala adalah belum mampunya sumberdaya manusia khususnya pengelola jurnal dalam mengaplikasi jurnal mereka secara online. Para pengelola umumnya masih belum memahami teknik-teknik pengelolaan jurnal melalui Open Journal System (OJS) yang dikembangkan di Indonesia untuk pengelolaan jurnal secara online.

Kelebihan dari OJS ini adalah sistem ini tidak berbayar (gratis) bisa di unduh oleh siapa saja khususnya pengelola jurnal di semua institusi pendidikan di Indonesia. OJS mencakup fitur–fitur yang sangat lengkap sehingga mendukung berbagai keperluan pengelolaan jurnal mulai dari submission, review, editing, hingga penerbitan nomor jurnal yang bersangkutan.

Melalui sistem ini rekam jejak jurnal akan sangat mudah didokumentasikan, salah satu manfaatnya adalah untuk keperluan akreditasi. Sistem ini juga memiliki sistem multi bahasa, salah satunya Bahasa Indonesia. Karena bersifat open source, sistem ini mudah dikembangkan sesuai dengan kebutuhan masing–masing jurnal.

Tujuan dan Materi
Pelatihan ini ditujukan untuk memberikan kemampuan kepada pengelola jurnal untuk menjalankan jurnal elektronik dengan menggunakan Open Journal System. Adapun materi pelatihan meliputi: setup jurnal online, editorial (menerima naskah, mengelola naskah, menerbitkan jurnal), submission artikel dan review artikel. Pelatihan juga dilengkapi dengan dengan materi tentang kebijakan akreditasi jurnal online, indexing jurnal online di lembaga-lembaga internasional seperti Scopus, DOAJ, Thomson Reuters serta pendaftaran ke database Crossref untuk mendapatkan DOI.

Metode
Workshop dilaksanakan dengan metode interaktif, peserta langsung mempraktekkan teori-teori yang diajarkan oleh trainer. Setiap lima orang peserta akan didampingi oleh salah satu co-trainer selama sesi workshop, untuk menjamin bahwa peserta bahwa peserta benar-benar menguasai teknik-teknik yang diajarkan di dalam workshop. Trainer dan co-trainer sudah berpengalaman dalam mengelola jurnal online dalam memberikan pelatihan Open Journal System.

Nara Sumber

  1. Tole Sutikno, Ph. D. (Editor-in-Chief Jurnal TELKOMNIKA)
    Materi: Gaya Selingkung Portal E-Journal Sesuai Instrumen
  2. Dr. Istadi (Pembina Jurnal Elektronik Kemenristek Dikti)
    Materi:
  3. Gunawan Ariyanto, Ph. D. (Ketua Lembaga Pengembangan Publikasi Ilmiah dan Buku Ajar UMS)
    Materi:

Tempat
The Sunan Hotel Solo ****
Jl. Ahmad Yani No. 40, Kerten, Laweyan, Surakarta, Jawa Tengah 57143.

Untuk menuju lokasi, ada beberapa cara sebagai berikut:

  • Dari Bandara Adi Sumarmo Boyolali ke Hotel Sunan mengguna-kan taksi Rp 75.000,-
  • Dari Bandara Adi Sucipto Jogjakarta, ke Stasiun Purwosari atau Solo Balapan menggunakan kereta Prameks Rp 8.000,- dilanjutkan dengan taksi ke lokasi sekitar Rp 40.000,-
  • Dari Terminal Tortonadi dengan taksi ke lokasi sekitar Rp 50.000,-

Jadwal Kegiatan

Peserta Workshop
Pengelola jurnal di setiap perguruan tinggi yang telah maupun belum menggunakan OJS, Balitbang dan atau lembaga lain di seluruh Indonesia.

Pendaftaran
Pendaftaran peserta dilakukan secara online melalui https://goo.gl/forms/664IIIQ2gnWOHtwl1 atau melalui tombol "Daftar Sekarang" dibagian bawah.
Oleh karena terbatasnya kuota peserta, maka peserta wajib menyelesaikan seluruh administrasi (pembayaran) pada hari Sabtu tanggal 8 Juli 2017. Pendaftaran dapat ditutup sebelum deadline jika jumlah peserta sudah memenuhi kuota.

Pembayaran dilakukan melalui bank transfer ke rekening sebagai berikut:
Nama: Yuldarrahman
No rekening: 0425033115
Bank: BNI Cabang Slamet Riyadi, Solo

Fasilitas
Peserta workshop akan mendapatkan fasilitas sebagai berikut:

  1. Modul berisi bahan pelatihan.
  2. Seminar kit: tas, ID card, pena, dan block note.
  3. Sertifikat.
  4. Penginapan selama dua malam (11-13 Juli 2017) di Sunan Hotel Solo beserta fasilitasnya (makan pagi, free Wi-Fi, kolam renang dan fitness center).
  5. Makan dan coffee break selama workshop berlangsung.

Ketentuan peserta

  1. Peserta wajib membawa laptop.
  2. Panitia hanya menanggung biaya penginapan dan konsumsi sesuai ketentuan pada fasilitas peserta. Panitia tidak bertanggung jawab atas pemesanan makanan, minuman, biaya telepon, cuci/setrika, biaya pengobatan, dan barang atau jasa lainnya yang dikeluarkan oleh peserta.
  3. Peserta ditempatkan di kamar hotel secara sharing (1 kamar untuk 2 orang).
  4. Peserta tidak diperkenankan membawa anggota keluarga, kerabat, atau orang lain yang bukan peserta.
  5. Fasilitas hotel yang tersedia secara gratis antara lain free wifi, kolam renang, fitness centre.

     

Kontak
Lembaga Pengembangan Publikasi Ilmiah
Universitas Muhammadiyah Surakarta
Jl A Yani, Pabelan, Kartasura, Surakarta 57162

Email: lppi@ums.ac.id
Telepon: 0271 717417 ext. 1172
HP/WA: 085290255781 (Farizky)