Sambutan Kepala LPPI

Assalamu ‘alaikum Wr. Wb.
Selamat datang di laman web Lembaga Pengembangan Publikasi Ilmiah dan Buku Ajar Universitas Muhammadiyah Surakarta. Sebagai lembaga yang mendapatkan amanah dari Universitas untuk mengelola kegiatan penulisan dan publikasi ilmiah, dengan senang hati kami membantu dan mendampingi civitas akademika Universitas Muhammadiyah Surakarta dan mitra kerja dalam menulis dan mempublikasikan artikel ilmiah dan buku ajar dalam rangka meningkatkan kualifikasi dan kompetensi akademik, sekaligus perwujudan kontribusi intelektual terhadap perkembangan keilmuan.

(Wisnu Setiawan, Ph. D.)

Profil

Lembaga Pengembangan Publikasi Ilmiah dan Buku Ajar merupakan salah satu unit pendukung untuk pengembangan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). LPPI didirikan pada tanggal 20 Februari 2014 melalui SK Rektor UMS No. 078/IV/2014 dan sekaligus mengangkat Ketua LPPI. LPPI dibentuk dengan tujuan untuk meningkatkan jumlah dan mutu publikasi ilmiah yang ada di UMS, yang pada saat itu dipandang masih jauh tertinggal dengan institusi lain.

Sejarah pengelolaan publikasi ilmiah di UMS diawali dengan pembentukan unit adhoc bernama pusat pengembangan jurnal UMS dan langsung dibawah komando Wakil Rektor 1. Unit ini bertugas mengelola semua jurnal ilmiah terbitan UMS agar menjadi jurnal yang sehat, bereputasi dan terakreditasi. Setelah itu pengembangan publikasi ilmiah dialihkan ke Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) di bawah Wakil Ketua LPPM Bidang Publikasi. Pengembangan tidak hanya pada pengelolaan jurnal, tetapi juga melingkupi Buku Ajar dan peningkatan skill menulis dan publikasi dosen. Di tahun 2014 Pimpinan Universitas memisahkan bidang publikasi di LPPM menjadi Lembaga tersendiri dengan nama Lembaga Pengembangan Publikasi Ilmiah dan Buku Ajar (LPPI).

LPPI juga memiliki kerjasama yang erat dengan Muhammadiyah University Press (MUP) dan Bookstore UMS, karena dua unit bisnis tersebut memiliki peran yang akan mendukung keberhasilan berbagai progran kerja LPPI. Semua kegiatan setting dan layout selalu dilakukan oleh MUP demikian juga penjualan dan promosi berbagai karya ilmiah dosen selalu melalui Bookstore UMS.

Visi

"Pada tahun 2029, menjadi pusat rujukan bagi sivitas akademika UMS dan Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah (PTMA) dalam publikasi ilmiah nasional dan internasional yang bereputasi."

Misi

  1. Memfasilitasi pengelolaan jurnal ilmiah di UMS
  2. Memfasilitasi pengembangan buku ajar dan buku teks
  3. Mengembangkan aktivitas dan kerjasama dalam rangka peningkatan jumlah dan kualitas publikasi ilmiah dosen UMS
  4. Berkontribusi aktif dalam rangka peningkatan jumlah dan kualitas publikasi ilmiah dosen PTMA

Tujuan

Berdasarkan misi yang diembannya, LPPI UMS menetapkan lima tujuan utamanya sebagai berikut:
  1. Peningkatan jumlah publikasi ilmiah dosen UMS baik secara kuantitas maupun kualitas
  2. Peningkatan kualitas pengelolaan dan mutu/akreditasi jurnal ilmiah UMS
  3. Peningkatan jumlah dan kualitas buku ajar
  4. Terbentuk sinergi dan kerjasama di bidang publikasi ilmiah di tingkat nasional, khususnya dengan PTMA
  5. Peningkatan kualitas seminar yang diadakan oleh UMS

Arah pengembangan LPPI didasarkan atas kesinambungan kebijakan dari waktu ke waktu selama 15 tahun pertama sejak berdirinya LPPI. Secara garis besar jangka waktu 15 tahun pertama tersebut dibagi menjadi 4 periode, yaitu: (1) periode 2014-2017, (2) periode 2017-2021, (3) periode 2021-2025, serta (4) periode 2025-2029.

Periode 2014–2017: Embrio. Tahap ini menjadi fase peletakan dasar dan perintisan sebagai sebuah lembaga publikasi ilmiah yang profesional dan bereputasi dibawah Universitas Muhammadiyah Surakarta. Pada periode ini LPPI membuat rancangan dasar dalam bentuk kegiatan-kegiatan yang diarahkan untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas publikasi dosen di UMS.

Periode 2017–2021: Pemantapan eksistensi nasional dan rintisan internasional. Fase ini merupakan tahap pemantapan melalui upaya pengembangan dan pembinaan sarana publikasi yang berkualitas dan terakreditasi secara nasional sebagai upaya dalam meningkatkan mutu publikasi ilmiah dosen UMS. Tahapan ini merupakan tahapan penting dalam peningkatan kualitas manajemen, kualitas sarana dan prasarana serta peningkatan kemampuan Dosen UMS dalam penulisan artikel ilmiah.

Periode 2021–2025: Internasionalisasi. Periode ini merupakan fase pengembangan dengan penekanan pada upaya LPPI dalam mengembangkan program strategis seperti menjalin kerjasama dengan organisasi akademik ataupun profesional dalam pengelolaan jurnal ilmiah. Menjalin kerjasama dengan penerbit bertaraf nasional untuk membawa hasil publikasi ilmiah ke tingkat nasional. LPPI mulai merintis penguatan reputasi karya ilmiah dosen untuk memenuhi standar publikasi internasional bereputasi, dengan melakukan pendampingan, konseling, dan kerjasama dengan pakar.

Periode 2025–2029: Arah perubahan. Tahap ini menjadi fase penguatan reputasi nasional dan internasional dengan fokus pada upaya penguatan lembaga diawali dengan penguatan Sumber Daya Manusia (SDM), internasionalisasi melalui peningkatan kerjasama internasional, penyelenggaraan forum internasional dan pengembangan sistem informasi dan teknologi yang secara global digunakan dalam pengelolaan publikasi. Penguatan lembaga dilakukan pula melalui penguatan manajemen berbasis komputer dan daring sebagai sarana pengembangan sistem penjaminan mutu. Pada fase ini LPPI diharapkan dapat meningkatkan reputasi secara nasional maupun internasional yang diakui oleh masyarakat nasional maupun internasional. Pada tahap ini juga, LPPI berupaya menjadi bagian penting dari fase motor perubahan di bidang pengembangan dan publikasi ilmiah, yang menjadi rujukan/trend setter perkembangan publikasi ilmiah di Indonesia.

Struktur Organisasi LPPI