Sekolah Tinggi Teknologi (STT) Warga Surakarta pada hari Rabu (8/2) mengunjungi Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) untuk studi banding. Kunjungan ini bertujuan untuk mempelajari praktik dan kebijakan terbaik dalam bidang penelitian, pengabdian masyarakat, dan publikasi ilmiah di UMS. Kunjungan ini adalah bagian dari upaya STT Warga Surakarta untuk meningkatkan kebijakannya sendiri dalam bidang-bidang ini dan memberikan pengalaman pendidikan terbaik bagi sivitas akademikanya.

Selama kunjungan, STT Warga Surakarta diberikan penjelasan mengenai fasilitas penelitian dan mempelajari pendekatan penelitian interdisipliner di UMS. Mereka terkesan dengan kerjasama yang telah dibangun UMS dengan perusahaan dan komunitas setempat, yang mendukung inisiatif penelitian yang diterapkan. Delegasi STT juga mempelajari program yang mendorong keterlibatan mahasiswa dan tenaga pengajar dalam penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Terakhir, mereka dikenalkan dengan aktivitas pengembangan publikasi UMS ke jurnal ilmiah terkemuka dan proses pendampingan yang terstruktur untuk mengirim dan menerbitkan artikel publikasi ilmiah.

LPPI UMS berharap bahwa studi banding ini memberikan STT Warga Surakarta pandangan yang berharga tentang praktik dan kebijakan terbaik dalam bidang penelitian, pengabdian masyarakat, dan publikasi ilmiah. Delegasi terinspirasi oleh pendekatan UMS dan sekarang mempertimbangkan untuk mengintegrasikan beberapa praktik tersebut ke dalam kebijakan mereka sendiri. Kunjungan ini juga membantu memperkuat hubungan antara STT Warga Surakarta dan UMS, dan kedua institusi sekarang mempertimbangkan peluang untuk bekerja sama di masa depan.

Kunjungan dari STT Warga Surakarta ke Universitas Muhammadiyah Surakarta adalah pengalaman yang sukses dan produktif. Delegasi tamu mempelajari praktik dan kebijakan terbaik dalam bidang penelitian, layanan pengabdian masyarakat, dan publikasi ilmiah, dan kembali ke STT Warga Surakarta dengan pandangan dan inspirasi yang berharga. Kunjungan ini menunjukkan pentingnya benchmarking dan kerjasama dalam dunia pendidikan tinggi.